Tips Menghadapi Hujan Debu Vulkanik

Letusan gunung yang hebat bisa menyemburkan debu vukanik pada radius yang luas, bahkan bisa sampai ratusan kilometer dari daerah bencana. Kondisi ini harus dihadapi dengan tepat, agar debu vulkanik tidak sampai mengganggu kesehatan tubuh. Memang terpaan debu vulkanik bisa mengganggu kesehatan.

Debu vulkanik bila terkena mata dan dikucek-kucek, bisa menyebabkan iritasi yang berat, karena memang bentuk debu vulkanik runcing meskipun ukurannya kecil. Demikian pula bila masuk ke saluran pernafasan bisa menyebabkan gangguan pernafasan. Bisa batuk, pilek, asma, bahkan sampai sakit paru-paru, ini tentunya harus bisa dihindari.

Memang harus menghindari sejauhnya dari daerah bencana, karena kadar debu vulkaniknya akan sangat tebal dan berbahaya bagi kesehatan. Panas dan debu yang pekat bisa merusak kesehatan dengan cepat. Sebaiknya hindari aktifitas di luar rumah, dan berdiam diri di dalam rumah.

Bila untuk kepentingan yang mendesak dan harus keluar rumah, sebisanya menggunakan masker, kacamata dan penutup kepala. Bila harus berkendara gunakan helm yang rapat menutup kepala dan masker sebagai pelindung dari debu vulkanik. Meskipun tetap disarankan untuk menghindari terpaan debu vulkanik.

Bila debu vulkanik mengenai mata, jangan dikucek-kucek, melainkan segera siram denga air bersih. Air minum yang bersih bisa digunakan untuk membersihkan debu vulkanik yang masuk mata. Bila ada tanda kemerahan dan meradang harus segera dibawa ke layanan medis terdekat, karena mungkin saja ada debu vulkanik yang masih tersisa di dalam mata.

Saat membersihkan rumah dan halaman dari debu atau abu dari hujan vulkanik, sebaiknya gunakan air dulu. Jangan gunakan sapu atau apapun yang hanya menyebarkan debu vulkanik kembali ke udara. Biasanya kondisi ini akan sangat berbahaya juga bagi kesehatan.

Sebisanya jangan gunakan AC atau kipas angin saat terjadi hujan debu vulkanik, karena hanya akan menyebabkan debu vulkanik masuk ke dalam rumah. Sebaiknya filter ventilasi rumah dengan kain atau kasa yang rapat. Tutup pintu dan jendela rapat-rapat, ini sampai kondisi hujan vulkanik mereda.

Pada saat yang sama usahakan menghindari terpaan debu vulkanik pada tubuh. Gunakan kain yang menutupi seluruh tubuh, dan jangan ditebas-tebaskan saat debu menerpa kain. Gunakan kain basah untuk membersihkan setiap debu yang menempel ke tubuh. Kadang memang cukup sulit mendapatkan air bersih, maka gunakan air seperlunya dan hindari mencemari air dengan kegiatan yang tidak perlu.

Memang bencana alam seperti gunung meletus dengan debu vulkaniknya akan menghentikan semua aktifitas untuk sementara waktu. Namun saat semua mereda keadaan bisa kembali normal, jadi lakukan aktifitas di dalam rumah dan usahakan menghindari aktifitas di luar rumah yang tidak perlu. Hindari paparan daridebu vulkanik yang bisa membahayakan bagi kesehatan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->