Kenapa Luka Jahitan Operasi Tidak Boleh Kena Air?

Sebenarnya luka jahitan pada operasi bila sudah sembuh atau kering boleh kena air, hanya bila masih basah dan luka belum sembuh memang harusnya tidak boleh kena air. Pernyebabnya karena air menjadi media yang bagus untuk masuknya bakteri atau kuman ke dalam luka operasi. Kecuali airnya steril, seperti cairan PZ atau normal saline bisa digunakan untuk membersihkan luka.

Namun bila luka jahitan memang dalam posisi kering, sebaiknya tidak perlu dibasahi atau kena air sewaktu ganti perban. Ini biasanya wajar sehabis operasi daerah sekitarnya terasa gatal akbat tidak mandi. Namun bukan berarti dengan membasahi daerah luka jahitan dengan air mandi.

Bila posisinya ada rasa gatal di sekitar daerah luka jahitan, maka bisa dibersihkan dengan semacam disinfektan, lalu dikeringkan dan diberi bedak maka rasa gatal akan segera hilang. Banyak yang salah paham dengan rasa gatal akibat keluarnya kotoran dari luka jahitan. Biasanya memang ada semacam serum atau bagian perdarahan dari bekas luka jahitan yang membeku.

Ini tidak harus dibersihkan, biarkan bagian ini sembuh dan mengelupas dengan sendirinya. Ini pada kasus luka jahitan yang bersih atau kategori operasi bersih. Bila daerah operasinya memang bersih terkontaminasi, misal di daerah yang dekat dengan sekresi tubuh. Memang tidak memungkinkan untuk dibuat steril terus, maka luka jahitan ini bisa dibersihkan dengan cairan disinfektan.

Air adalah media yang baik berkembangnya kuman dan bakteri, meskipun air tersebut sudah direbus. Selama posisinya tidak tertutup rapat, maka masih bisa kuman atau bakteri masuk dan berkembang biak. Banyak yang melihat hal ini dengan membersihkan daerah luka operasi dengan air minum, memang bersih tapi tidak steril.

Memang untuk menghindari infeksi pada luka jahitan operasi, harus dihindari masuknya kuman atau bakteri ke dalam luka tersebut. Hanya cairan yang steril atau disinfektan yang boleh digunakan untuk merawat luka jahitan operasi. Selebihnya biarkan saja luka jahitan operasi, selama posisinya kering tidak akan memberi masalah dan sembuh dengan sendirinya.

Namun bila luka jahitan sudah menyatu, maka seharusnya benang jahitan diangkat. Ini untuk menghindari juga infeksi akibat alergi benang jahitan, karena bagaimanapun benang jahitan adalah benda asing dan bukan bagian dari tubuh. Bisa jadi bisa menyebabkan alergi dan infeksi.

Saat jahitan sudah diangkat juga jangan kena air dulu sampai luka benar-benar kering. Hanya lihat kondisi kasa yang menutupi luka bekas jahitan, bila kering tidak ada serum atau nanah yang keluar, maka tandanya luka posisinya bagus. Namun bila masih mengeluarkan serum biarkan sampai kering dan mengelupas dengan sendirinya. Biasanya luka jahitan operasi yang bersih dan tidak terkontaminasi dalam dua minggu sudah sembuh dengan sendirinya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->