Cara Mencegah Luka Jahitan menjadi Keloid

Memang bila bekas luka jahitan atau luka operasi jadi keloid akan memunculkan rasa tidak nyaman. Apalagi keloid tersebut berada di daerah kosmetika, daerah wajah maupun daerah yang menunjang penampilan. Jelas akan bikin diri menjadi tidak pede.

Keloid pada kulit bisa saja terjadi, namun jelas disebabkan oleh kondisi kulit itu sendiri. Biasanya paling sering terjadi pada luka jahitan operasi yang memang terinfeksi, radang dan adanya reaksi alergi terhadap jahitan itu sendiri. Bila ini terjadi akan memunculkan keloid saat luka tersebut sembuh.

Bekas luka yang jadi keloid ini biasanya akan susah hilang tanpa tindakan medis lebih lanjut. Maka lebih baik mencegah luka jahitan operasi agar tidak berubah menjadi keloid. Jalan termudah adalah dengan menjaga kebersihan luka jahitan, menghindari terkena air, karena luka jahitan bisa menjadi basah dan mudah terinfeksi.

Memang infeksi pada luka bisa mengganggu proses penyembuhan luka dan bikin bekas luka menjadi keloid. Meskipun begitu pada beberapa kasus reaksi alergi pada benang jahir juga bisa memunculkan keloid. Disini keloid timbul karena proses penyembuhan luka operasi tidak sempurna.

Banyak penyebabnya mengapa luka jahitan pada operasi tidak sembuh secara sempurna. Bisa karena infeksi, luka operasi memang luka kotor, adanya reaksi alergi pada benang jahit. Juga karena karakter kulit yag peka terhadap trauma yang terjadi pada kulit, bila hal ini terjadi memang tidak ada pilihan dan luka akan selalu menjadi keloid.

Namun sebenarnya jangan kuatir dengan adanya keloid di kulit, meskipun ini tidak akan hilang dan menjadi bekas di kulit, tapi ada beberapa pengobatan kosmetika yang bisa dilakukan untuk menghilangkan keloid. Biasanya prosesnya akan bergantung kepada kondisi kulit maupun keloidnya.

Pengobatannya cukup sederhana dengan menyuntikan obat-obatan anti keloid di kulit yang terjadi keloid. Biasanya dengan beberapa suntikan sudah bisa berkurang keloidnya. Namun inipun harus dilakukan secara teratur, bila ingin memperoleh hasil maksimal.

Pada beberapa kasus memang kelodinya tidak bisa disembuhkan, karena karakter kulit memang benar-benar sensitive. Jadi keloid akan tetap tumbuh di daerah tersebut, biasanya ini sudah bakat dan sulit dihilangkan. Namun pada beberapa pengobatan kosmetika bisa dilakukan dengan trik yang berbeda.

Tentunya dengan biaya pengobatan yang lebih mahal, maka sebaiknya mencegah keloid tersebut agar tidak terjadi. Dengan melakukan perawatan luka jahitan yang tepat dan menjaga luka jahitan tetap kering serta tidak terkena air. Memang bukan hal mudah bila luka jahitan berada pada daerah yang bergerak, resiko kesembuhan maupun terjadinya keloid akan semakin tinggi. 

Jadi luka jahitan operasi bisa dicegah agar tidak berubah menjadi keloid. Tentunya dengan menjaga kebersihan luka jahitan dan menghindari dari infeksi yang bisa memperlambat proses penyembuhan luka. Luka harus tetap tertutup agar tidak mudah terkena infeksi.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->