Apakah Olahraga Bikin Bau Badan Hilang?

Olahraga mungkin bisa bikin bau badan hilang, namun tidak selamanya kondisi ini berlaku, ini bila penyebab bau badannya tidak diatasi sumbernya. Pada banyak kasus memang ada yang sukses mengikis bau badan dengan rajin berolahraga. Karena olahraga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membuang timbunan sisa sekresi dengan cepat.

Namun pada beberapa kasus bau badan yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri di sebagian tubuh seperti ketiak, akan sulit tanpa membasmi bakteri penyebab bau badan tersebut. Memang secara metabolisme yang sehat, olahraga adalah katalisator bagi pembuangan ekses timbunan sisa metabolisme. Ini yang berhubungan dengan bau badan dan semacamnya.

Itupun harus juga diimbangi dengan minum air putih yang cukup banyak untuk mendorong pembuangan timbunan tersebut. Tanpa minum air putih yang banyak akan menyebabkan keringat menjadi cukup berbau, jadi dengan minum air putih lebih banyak akan mengencerkan timbunan sisa metabolisme dan menjadi lebih netral. Sedang olahraga memang mendorong metabolisme tubuh menjadi lebih lebih sehat.

Memang perlu dilihat bau badan ini dari penyebabnya, sebelum menyimpulkan akan kesuksesan dalam menghilangkan bau badan dengan berolahraga. Inipun juga harus diikuti dengan diet yang lebih sehat. Pada beberapa makanan memang menghasilkan ekses yang tidak netral atau tidak sehat, baik terlalu asam atau terlalu berminyak.

Juga pada makanan yang banyak lemak dan ber-gula tinggi memiliki tendensi membuat ekses metabolisme tidak netral. Tidak jarang bau yang ditimbulkan juga tidak sedap sekali, dan begitu berbau meski digelontor dengan banyak minum air putih. Jadi bila bermasalah serius dengan bau badan akan ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Memang olahraga cukup bagus dalam membantu menghilangkan bau badan, namun harus diikuti langkah yang komprehensif. Mulai dari diet makanan yang sehat, minum air putih yang banyak, perawatan diri atau kebersihan diri, seperti tidak membiarkan baju yang terkena keringat untuk dipakai sampai esok harinya. Jelas akan menempel dan menimbulkan bau yang tidak akan lepas.

Jadi sehabis olahraga memang harus didorong metabolisme tubuh dengan segera minum air putih yang banyak. Sehabis itu juga harus segera mengganti baju yang terkena keringat dan mandi sampai bersih. Tidak itu saja, kemudian juga makan makanan yang sehat, hindari makanan berlemak dan bergula di saat memiliki masalah dengan bau badan.

Memang prosesnya tidak hanya berolahraga saja, melainkan melakukan pola hidup sehat yang lengkap. Juga perhatikan dalam memakai deodorant, lihat komposisi yang tertera di labelnya. Beberapa memiliki bahan yang membuat bakteri penyebab bau di ketiak menjadi lebih subur.

Jadi memang ada hal ini dan itu yang harus dilakukan dan dihindari mengiringi berolahraga. Meskipun olahraga merupakan satu langkah yang tepat dalam melakukan pola hidup yang sehat. Tetap juga harus diikuti berbagai hal yang akan dengan cepat membantu menghilangkan bau badan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->