Luka Jahitan Bernanah, nih Solusinya

Ada beberapa luka jahitan yang beresiko infeksi dan mengeluarkan nanah. Bisa saja luka jahitan dari luka kotor, luka jahitan di daerah yang dekat dengan saluran sekresi tubuh, yang berakibat menjadi infeksi. Biasanya memang diberikan antibiotika sebagai pencegah maupun penyembuh.

Namun tidak semuanya bisa diatasi, maka kemungkinan infeksi dan bernanah bisa saja terjadi. Dalam hal ini jahitan harus segera diangkat, bisa jadi alergi kepada jahitannya itu sendiri. Meskipun benang jahitan dibuat dari serat alami, masih ada juga yang mengalami alergi dan mengeluarkan nanah.

Kondisi luka jahitan yang bernanah memang tidak memungkinkan untuk bisa sembuh. Maka jahitan harus diangkat dan infeksinya disembuhkan dulu. Memang akan butuh waktu untuk menyembuhkan luka yang terinfeksi dan bernanah.

Banyak faktor yang harus dicari sampai luka jahitan bisa bernanah, ini berhubungan dengan proses penyembuhan luka selanjutnya. Bila alergi dengan benang jahitan, nantinya tidak akan dijahit dalam,namun dijahit luar dengan benang alami yang tidak menyebabkan alergi. Namun bila luka jahitan bernanah akibat infeksi dari luar maupun dalam, maka infeksinya disembuhkan terlebih dahulu.

Bila luka masih mengeluarkan nanah, biasanya dilakukan Pus Kultur atau PA jarinngan untuk menganalisa jenis bakteri yang bikin infeksi pada luka. Baru sesudahnya diberikan antibiotika sesuasi dengan tipe infeksi. Biasanya spektrum antibiotikanya mengikuti hasil kultur dari nanah tadi.

Namun tidak semua luka jahitan bernanah akibat alergi atau infeksi, bisa saja karena ada penyakit lain yang menyertainya. Seperti pada penderita kencing manis, biasanya dengan gula darah yang tidak terkontrol bisa bikin luka sulit sembuh, bahkan bisa bernanah. Dalam hal ini penderita harus melakukan cek gula darah dan menstabilkan kadar gula darahnya.

Memang pada penderita diabetes atau kencing manis akan sering memiliki masalah dengan proses penyembuhan luka. Biasanya syarat untuk melakukan operasi pada penderita kencing manis atau diabetes sangatlah ketat, paling tidak kadar gula darahnya harus normal atau terkontrol. Baru kondisinya yang stabil tadi memungkinkan penyebuhan luka operasi dengan cepat.

Pada luka jahitan yang bernanah memang biasa terjadi dan bisa disebabkan dari luar, misal infeksi karena terkena air. Memang luka jahitan tidak boleh terkena air, karena air menjadi medium masuknya kuman ke luka jahitan tersebut. Memang luka jahitan harus kering dan bersih dari kontaminasi, kecuali saat perawatan luka. Itupun dengan obat-obatan antiseptik untuk membersihkan luka.

Bila kedapatan luka jahitan tersiram air, maka segera ganti kasa penutup luka jahitan dan segera bersihkan dengan obat antiseptik. Ini akan dengan segera mencegah terjadinya infeksi pada luka jahitan. Memang bila luka jahitan terinfeksi dan bernanah, maka proses penyembuhan luka akan semakin lama. Selama luka infeksi belum disembuhkan akan sulit untuk membuat luka jahitan sembuh dengan segera.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->