Mengatasi Mata Merah

Bila mata nampak merah meradang memang terlihat tidak nyaman, baik dilihat maupun untuk digunakan untuk melihat. Biasanya akan terasa pedih dan mata menjadi mudah lelah. Ada ketegangan yang membuat mata merah menjadi tidak bisa digunakan secara normal.

Memang solusi utama adalah mengistirahatkan dan mengambil langkah cepat untuk memeriksakan ke dokter mata. Namun tidak semua mata merah berbahaya, kadang hanya karena kelelahan bisa menjadi memerah. Bisa juga karena terlalu kering, akibat debu atau kotoran yang masuk bisa membuat mata menjadi merah.

Penyebab yang mata merah yang ringan, memang bisa diatasi dengan istirahat sejenak dan mata biasanya bisa pulih kembali. Namun pada kelopak mata atau conjungtiva yang memerah menandakan adanya infeksi pada mata. Memang harus segera dibawa ke dokter mata. Beberapa infeksi pada mata bisa berakibat buruk bagi penglihatan, dan prognosenya bisa menurun bila dibiarkan begitu saja.

Mata adalah organ penting dari tubuh yang berfungsi sentral dan tidak tergantikan, maka harus hati-hati dalam mengatasi mata merah. Memang banyak obat mata yang beredar, namun lebih baik cari penyebabnya dulu. Tegakkan penyakitnya dengan mengunjungi dokter, baru mengikuti pengobatan yang disarakan maupun diresepkan oleh dokter.

Mengisitirahatkan mata yang merah

Bisa jadi mata yang memerah akibat kelelahan, misal saat berkendara di jalan raya, akan banyak berkonsentrasi dan menggunakan mata. Lebih baik isitirahatkan untuk beberapa menit atau jam, sampai fungsi mata pulih dan kembali normal. Biasanya dengan memejamkan mata untuk beberapa waktu bisa memulihkan kondisi yang terjadi.

Meskipun akan disarakan untuk tidur, karena mata akan memperoleh pemulihan yang lebih cepat. Baik dari organ pada otot mata, kelopak mata dan bagian di dalamnya. Tidur nyenyak akan memberikan fungsi mata kembali ke kondisi yang optimal dan tidak menggangu fungsi pemgihatannya lagi.

Menggunakan pencuci mata

Bisa jadi ada kotoran yang menempel di bagian dalam mata, bisa di kelopak maupun conjungtiva mata. Membersihkan mata dengan obat tetes mata akan akan menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Biasanya akan ada rasa tidak nyaman saat benda asing seperti debu masuk ke dalam mata, dan biasanya akan terlihat memerah pada mata.

Memang pada kondisi jalanan yang berdebu, resiko mata memerah menjadi semakin meningkat. Disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung saat melalui jalanan berdebu. Meskipun mata secara otomatis akan menutup bila benda asing masuk ke dalam mata, namun memproteksi mata dengan baik akan melindungi fungsi mata secara optimal.

Melakukan kompres pada mata

Pada mata yang merah karena radang, memang tidak akan hilang begitu saja dengan pembersih mata. Harus berkunjung ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Kompres mata bisa dilakukan sesudahnya untuk meredakan mata merah akibat radang dengan segera. Biasanya radang ini bisa karena infeksi virus atau bakteri.

Kompres mata akan mendinginkan mata dan memberi rasa nyaman pada mata. Lebih baik untuk mengisitirahatkan secara total saat mata merah karena radang. Biasanya fungsi penglihatan akan terganggu secara massif. Ikuti pengobatan, istirahatkan mata sampai pulih fungsinya dan bisa kembali beraktifitas.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->