Perawatan Luka Jahitan Operasi Caesar

Bila bunda tidak bisa melahirkan secara normal, maka kemungkinan operasi Caesar akan dilakukan. Biasanya akan ada luka jahitan vertikal atau horisontal di daerah perut bekas operasi Caesar sini. Luka jahitan ini akan memerlukan perawatan dan monitor yang ketat agar luka operasi bisa sembuh dengan segera.

Biasanya luka operasi Caesar ini akan sembuh dalam seminggu-dua minggu, tergantung pada kondisi luka dan kesehatan bunda. Namun bila terjadi infeksi akan memerlukan perawatan lebih lanjut pada luka jahitan tersebut. Biasanya luka jahitan operasi Caesar yang baik akan selalu kering dan menutup rapat permukaan kulit bekas jahitan.

Namun kadang bisa saja luka jahitan menjadi basah atau terinfeksi, kadang karena terkena air saat mandi. Memang luka kering yang terkena air bisa menjadi luka basah dan terinfeksi, hal ini karena ada kuman atau bakteri yang ikut masuk ke daerah luka operasi, maka bila luka terkena air atau basah, segera bersihkan dengan larutan antiseptik dan ganti kasa steril penutupnya. Tentunya dengan kasa steril yang baru, agar luka selalu terjaga kesterilannya.

Luka operasi Caesar sebenarnya masuk kategori luka operasi yang bersih, jadi resiko infeksi akan sangat minimal. Prosedur bedah pada operasi Caesar dilakukan secara steril, artinya dijaga agar tidak ada kontaminasi dari kuman atau bakteri. Prosedur penjahitan luka operasi juga dilakukan bertahap dengan benang yang berbeda di setiap bagian luka. Mulai dari bagian uterus, muscle, sheath, fat, yang menggunakan jahitan dalam yang bisa diabsorsi oleh tubuh dan bagian luar dengan jahitan yang tidak diabsorsi oleh tubuh. Biasanya jahitan luar yang tidak diabsorsi oleh tubuh ini akan dilepas setelah luka kering, bisa 1-2 minggu sesudah operasi Caesar.

Sebenarnya hal yang penting dilakukan oleh bunda pada luka jahitan operasi Caesar ini adalah menjaga agar selalu tetap kering. Jangan menyentuh luka jahitan dengan tangan, jangan sampai kena air, jaga kebersihan kasa penutup luka jahitan agar selalu bersih dan tertutup rapat. Bila sedikit terbuka segera tambahkan plester untuk menutup kasa penutup luka tersebut.

Juga bunda harus perhatikan kondisi tubuh, bila sedikit deman atau badan terasa hangat segera periksa kondisi luka ke dokter. Soalnya bisa kemungkinan luka mengalami infeksi, meskipun biasanya luka infeksi akan memberi tanda keluarnya cairan dari luka, atau kulit sekitar luka tampak bengkak dan memerah. Disini bila ada tanda seperti itu harus segera dibawa ke dokter atau layanan medis terdekat.

Bila jahitan luka operasi terasa gatal, jangan dibuka dan digaruk. Tepuk-tepuk saja daerah luka dengan tepukan ringan, ini adalah proses penyembuhan luka, perasaan gatal akan bisa saja terjadi. Namun tidak ada alasan untuk menggaruk luka jahitan operasi, karena bisa terjadi infeksi bila menyentuhnya secara langsung.

Juga perhatikan asupan makanan, jangan pantang akan makanan. Konsumsi makanan yang berprotein tinggi, seperti daging, telur, ikan, susu, juga sayuran dan buah-buahan yang akan bagus bagi kesembuhan luka jahitan. Makan yang teratur dan bergizi tinggi akan membantu proses penyembuhan luka operasi dengan cepat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->