Mengatasi Perut Kembung

Biasanya saat gangguan percernaan terjadi seringkali perut menjadi kembung, ada suara nyaring saat perut ditepuk. Hal ini karena peristaltik usus terganggu atau pergerakan usus tidak normal. Akibatnya perut menjadi kembung dan sebah, kadang orang mengistilahkan dengan “masuk angin”.

Meskipun dalam bahasa medis tidak ada istilah masuk angin, namun hal ini sudah begitu populer. Orang akan menyamakan perut kembung dengan masuk angin, dengan bahasa yang mudah dipahami, adanya angin yang masuk di perut sehingga perut mengalami kembung. Biasanya perut kembung ini sangat menyiksa, baru kalau sudah buang angin atau kentut, maka perut akan merasa lega.

Orang dulu biasanya mengatasi masuk angin ini dengan “kerokan”, yaitu dengan mengerik pakai uang koin bagian dada atau perut. Tentunya dengan bantuan minyak angin, bagian dada atau perut yang dikerok akan berubah menjadi kemerahan. Memang terlihat agak seram, seperti bekas trauma, namun khasiatnya sangat manjur dan ajaib. Biasanya si penderita masuk angin atau perut kembung ini akan bisa mengeluarkan angin, baik lewat sendawa maupun dengan kentut, yang artinya perut kembungnya sudah hilang.

Dalam pengobatan modern biasanya dokter memberikan obat-obatan untuk memulihkan kerja organ pencernaan, memperbaiki peristaltik usus hingga saluran pencernaan kembali normal. Memang baik pengobatan tradisional maupun modern sampai saat ini masih berjalan, dan dilakukan banyak orang. Namun pengobatan secara tradisional ini lebih disukai, karena selain lebih murah dan tidak memerlukan obat-obatan.

Menggunakan jahe hangat untuk mengatasi perut kembung

Minuman jahe hangat sudah cukup lama digunakan orang dalam mengatasi sakit perut, baik perut kembung maupun gangguan perut lainnya. Memang jahe memiliki khasiat yang baik terhadap organ pencernaan. Jahe yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak, bisa diperoleh dengan mudah di pasar tradisional. Biasanya jahe yang segar lebih disarankan dibandingkan yang sudah disimpan di dalam kulkas.

Jahe segar ini cukup dimemarkan, kemudian dimasukan ke dalam air hangat. Biarkan sampai sari dari jahe larut ke dalam air hangat tersebut, kemudian bisa dikonsumsi saat masih hangat-hangat kuku. Ada perasaan yang nyaman dengan minum jahe hangat ini, biasanya akan berkeringat dan sakit perut kembung bisa segera hilang.

Minum air yang banyak

Memang saat sakit perut, terutama perut kembung lebih baik jangan mengkonsumsi makanan dulu, karena organ pencernaan masih belum berfungsi optimal. Lebih baik minum air putih yang banyak, yang lebih hangat lebih disarankan. Biasanya air ini akan membantu memulihkan kerja organ pencernaan dengan cepat.

Memang akan lebih baik dengan campuran jahe, namun bila belum sempat mendapatkan jahe, maka air hangat sudah cukup. Biasanya konsumsi air ini tidak langsung segera reda sakit perutnya, masih butuh waktu beberapa saat, sebelum perut mulai pulih kerjanya. Memang dianjurkan tidak makan-makanan yang keras dulu, sampai perut kembungnya mereda dan saluran pencernaan kembali berfungsi.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->