Khitan dengan Dijahit lebih cepat Sembuh

Bagi orang tua yang sedang mengkhitankan anaknya selalu berharap agar operasi khitannya cepat sembuh. Namun sering kali ini di luar harapan, bisa karena kurang mengerti dalam merawat luka khitan. Bisa pula karena memilih metode khitan yang tidak tepat.

Di dalam dunia medis sebenarnya dianjurkan melakukan khitan melalui layanan medis. Selain terjamin kebersihan dan kesterilannya, juga luka khitan lebih cepat sembuh karena dijahit dan luka akan menutup dengan cepat. Namun tidak semua daerah mendapatkan layanan medis yang terjangkau.

Biasanya akan melakukan prosedur khitan melalui tukang chalak, karena hanya itu pilihan yang ada. Juga belajar dari pengalaman pendahulunya pada tukang khitan yang pintar dan cepat sembuh. Namun dunia saat ini sudah berubah, disini bahaya penyakit menular, infeksi pada pemakaian alat medis secara bersama sudah mulai menjadi persoalan.

Belum lagi persoalan perdarahan yang kadang ditemukan dan sulit dihentikan. Resiko dengan gangguan pembekuan darah, bisa saja menyertai pada peserta yang akan dikhitan. Disini kelebihan khitan pada layanan medis, yang memiliki lebh banyak persiapan secara medis, sehingga segala resiko bisa diminimalkan.

Biasanya orang tua hanya berharap anaknya yang akan dikhitan tidak merasakan sakit, dan cepat sembuh. Mereka tidak terlalu memikirkan resiko-resiko yang ada. Maka sebenarnya khitan pada layanan medis menjadi pilihan yang terbaik.

Kelebihan lainnya ada pada luka khitan yang dijahit, tentunya akan lebih cepat sembuh. Ini karena luka akan menutup dan tidak menyisahkan luka yang terbuka. Biasanya bila masih menyisahkan luka terbuka pada khitan, akan lebih lama sembuhnya.

Juga orang tua sering kali kurang mengerti bagaimana cara merawat luka khitan yang tepat. Belum lagi persoalan luka khitan yang terkena air kencing. Semua ini menjadi masalah saat perawatan luka khitannya tidak tepat.

Padahal bila luka khitan yang terbuka terkena air, maka luka akan sulit kering. Pastinya akan lama sembuhnya. Lain bila luka khitan dijahit sehingga luka khitan menutup rapat. Maka bila tidak ada infeksi, maka luka khitan akan sembuh dalam 1-2 hari.

Jauh lebih cepat daripada luka khitan yang masih terbuka, maka wajar ada yang mengalami penyembuhan luka khitan lebih dari 3 hari. Padahal secara medis luka khitan yang dijahit bisa sembuh dengan cepat 1-2 hari anak yang dihitan sudah tidak merasakan sakit lagi. Meskipun masih tersisa sedikit jahitan, ini akan diserap oleh tubuh dengan sendirinya.

Poinnya memang luka khitan lebih cepat kering, ini yang membuat luka khitan menjadi cepat sembuh. Jadi bila ada pilihan dijahit atau tidak, lebih baik pilih yang dijahit. Ini karena daerah luka khitan adalah daerah yang bergerak, bila tidak dijahit luka yang tertutup bisa terbuka dan akan lebih lama keringnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->