Pakai Ponsel bikin Mata Rabun?

Tidak bisa dihindari ponsel menjadi barang yang paling sering dipegang dan dilihat, melebihi dari semua alat apapun. Bisa jadi ponsel menjadi alat yang paling sering dilihat dan ditatap dengan seksama. Tidak jarang mata tidak berkedip memandangi layar ponsel karena saking asyiknya.

Kondisi inilah yang memudahkan terjadinya hal negative pada kesehatan mata. Apalagi lagi asyik-asyiknya, bisa jadi mata ini sampai lupa berkedip. Meskipun pada akhirnya akan berkedip dengan intensitas yang tinggi.

Bisa jadi terlalu lama focus di satu sisi pada mata ini membuat ketegangan pada otot mata, sekaligus menurunkan fungsi mata secara parsial. Memang bagian yang paling sering mengalami kelelahan pada mata adalah otot mata, ini bisa berakibat mata lelah dan mengurangi fungsi penglihatan. Tidak jarang tanpa disadari akan terasa nyeri saat bagian mata ini dipegang, ini berarti sudah melalui tahap kelelahan yang bisa berakibat buruk pada kesehatan mata.

Juga radiasi sinar dari ponsel bisa memberi efek panas dan kering pada mata, meskipun beberapa ponsel terkini sudah memiliki jenis pencahayaan yang lebih ramah. Namun tetap menyisahkan efek yang buruk bagi mata. Ini diikuti dengan tata letak maupun obyek yang lebih kecil dan di bawah standar.

Mata akan cenderung lebih focus saat melihat obyek yang lebih kecil, ini juga berakibat meningkatkan peran otot mata dari biasanya. Bila dibandingkan melihat sebuah layar LCD monitor denga sebuah layar kecil ponsel. Maka rasio focus lebih besar pada sebuah ponsel, apalagi dengan setinggam yang tidak standar.

Memang perlu disadari saat mata menjadi rabun atau terasa lebih buram waktu melihat layar ponsel, ini harusnya disadari sebagai sebuah kelelahan. Seharusnya ini tidak dilanjutkan dengan memaksa focus lebih kuat pada mata. Harusnya mata sudah diistirahatkan dalam kondisi begini.

Namun lebih sering karena saking asyiknya di depan ponsel, maka hal-hal kecil ini diabaikan. Suatu hal yang sebenarnya tidak kecil, karena ini memiliki proses lebih lanjut pada kesehatan mata. Maka sering terjadi usia muda sudah berkacamata, ini bisa saja terjadi karena kelelahan atau rabun yang sering dibiarkan berlarut-larut.

Padahal ini bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan yang sehat saat menggunakan ponsel. Asyik sih boleh saja, namun sadari kesehatan mata, yang butuh istirahat dan teknik yang sehat dalam menggunakan ponsel. Alat ini memang mengasyikan dan berharga sekali, namun akan lebih baik bila mengerti dalam menggunakannya secara tepat.

Sebaiknya sih pilih ponsel dengan layar lebih lebar, resolusi yang lebih baik untuk kesehatan mata. Syukur-sukur ponsel dengan layar super AMOLED yang lebih cerah saat terkena sinar matahari atau dipakai di luar. Ini bisa meredakan focus pada mata yang berlebihan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->