Mengatasi Telinga Bernanah

Seringkali tanpa disadari telinga menngeluarkan bau yang tidak sedap dan bernanah. Meskipun sebenarnya sering didahului dengan demam dan rasa nyeri di telinga. Gejala infeksi ini sering diabaikan, sehingga berubah menjadi bernanah.

Pada kondisi begini sebaiknya segera berobat ke klinik THT, masalahnya bila dibiarkan infeksi yang terjadi bisa menyebar dan merembet ke otak menjadi meningitis. Bahkan bisa berakibat lebih buruk lagi, maka disini lebih baik segera mengobatinya sebelum kondisinya menjadi parah. Bisa saja mengobati sendiri, tapi tidak disarankan karena daerah telinga ini sangat rapuh dan rawan.

Juga dibutuhkan peralatan dan pengobatan yang tepat pada kasus telinga bernanah ini. Kecenderungannya memang infeksi di gendang telinga, bisa juga lebih dalam yang sering dikenal dengan Otitis Media. Bisa ekternal atau internal, bisa akut atau kronis, jadi lebih baik diperiksakan ke klinik THT untuk pengobatan lebih lanjut.

Biasanya dokter akan membersihkan nanah yang keluar di bagian telinga dengan cairan steril. Ini disemprotkan ke lubang telinga luar sampai bersih nanahnya dan diberikan obat tetes antibiotika. Juga sekaligus diresepkan obat obatan penghilang nyeri dan antibiotika.

Disini penderita disarankan untuk rutin control ke klinik THT untuk perawatan telinga bernanah ini. Meskipun bisa saja melakukan perawatan sendiri di rumah, caranya cukup mudah tapi harus dilakukan secara hati-hati. Nanah yang masih keluar memang harus dibersihkan agar tidak menjadi sumber infeksi.

Tindakan ini harus dilakukan secara rutin, pagi, siang dan sore sampai tidak keluar nanah sama sekali. Pengobatan yang dilakukan memang harus tuntas, karena bila masih ada nanah yang terkoleksi di saluran telinga akan membuat infeksi kambuh lagi. Inilah yang sering disebut Otitis Media kronis, telinga yang bernanah terus menerus dan tidak kunjung sembuh.

Biasanya disebabkan karena pengobatan yang tidak teratur, juga sumber infeksinya yang tidak diatasi dengan baik. Memang kendalanya, Otitis media ini bsia disebabkan bakteri, jamur dan virus, yang masing-masing memiliki pengobatan sendiri-sendiri. Pada kasus Otitis media karena virus sering berhubungan dengan sakit flu, yang bisa membuat Otitis media kambuh lagi.

Dalam hal ini memang jangan sampai terjadi flu, daya tahan tubuh harus dijaga. Pada kasus begini pengobatan harus tuntas dan tepat, baik dengan perawatan saluran telinga dan peningkatan daya tahan tubuh dengan asupan makanan yang bergizi. Penderita juga harus rajin minum air putih yang banyak, untuk membantu metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada anak-anak kasus telinga bernanah ini bisa lebih komplek lagi, saluran telinga yang masih kecil dan precius ini harus ditangani oleh bagian medis yang terlatih di bawah pengawasan dokter spesialis THT dan Anak. Persoalannya ini juga berhubungan dengan fungsi organ pendengaran dan tumbuh kembang anak.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->