Gadget bisa Bikin Insomnia?

Kebiasaan memelototi ponsel atau gadget sebelum tidur, memang memiliki resiko membuat diri susah tidur atau insomnia. Apalagi habis di-bully di social media, bakal tidak bisa tidur sampai esok harinya. Bahkan bisa berhari-hari akan susah tidur, karena memikirkannya.

Kebiasaan gaya hidup di dunia maya memang memiliki pengaruh yang besar dalam pola tidur. Tidak jarang kemajuan teknologi ini bukannya memberikan efek positif bagi perkembangan mental, tapi malah menjadi beban bagi kondisi jiwa pemakainya. Meskipun sebenarnya ini sangat bergantung pada karakter psikologis pemakainya.

Demikian pula dengan gejala gangguan tidur atau insomnia ini, hampir semuanya mengalaminya. Kebanyakan ketidakmampuan dalam mengontrol diri adalah kunci dari timbulnya efek negative dari penggunaan ponsel atau gadget ini. Biasanya saking asyiknya main facebook di ponsel bisa sampai menjelang subuh, apalagi lawan mainnya juga sama asyiknya.

Kondisi “klik” ini memang bisa mudah membuat lupa waktu, dan mengganggu pola tidur setiap malam. Padahal tidur teratur dan cukup adalah kunci dalam menjaga kondisi mental yang sehat. Kadang memang gadget ini digunakan sebagai pelarian dari masalah sehari-hari.

Namun bukannya dapat penyelesaian atau “healing”, dalam banyak kejadian justru membuat gangguan tidur atau insomnia. Ini lain bila bisa mengontrol diri akan pentingnya tidur yang teratur, dan mengerti sisi positif dari sebuah gadget. Sebenarnya ponsel atau gadget ini bisa digunakan untuk memutar musik “slow” yang bisa menjadi pengantar tidur.

Bisa juga dengan main game di ponsel sampai capek dan tertidur, meskipun kadang malah bikin ketagihan dan sampai lupa waktu. Disini memang pentingnya mengontrol diri, sesuatu yang sering diabaikan atau kalah dengan kuasa gadget atas pemakainya. Memang bisa menjadi dilemma bila control diri tidak bisa dilakukan.

Insomnia adalah gangguan tidur yang komplek dan kadang bisa menjadi sulit untuk diatasi. Kondisi susah tidur ini memang bisa saja terjadi tanpa kehadiran gadget, meskipun lebih sering “addicted” atau ketagihan pada gadget ini bisa membuat situasi menjadi memburuk. Maka tidak heran sebuah teknologi bisa bermata dua, seperti sebuah pisau yang bisa bermanfaat bila digunakan dengan baik atau bisa menjadi benda yang berbahaya bila disalah-gunakan.

Disini pentingnya untuk mengontrol diri dalam menggunakan ponsel atau gadget, terutama saat mendekati waktunya tidur. Selalu usahakan saat mendekati waktunya tidur, pikiran harus selalu bebas dari tekanan emosional maupun pengaruh dari memakai gadget. Lebih baik jauhkan gadget ini dari meja tidur, meskipun kadang gadget ini bisa mnejadi alarm yang baik untuk bangun tidur.

Namun kondisi tempat tidur yang steril dari benda-benda yang bisa memberi pengaruh emosional, akan lebih baik secara strategis disaat control diri masih kurang baik. Insomnia bukannya penyakit yang berat, namun bisa memberi pengaruh ke kondisi mental dan fisik, bila sudah begitu mengganggu kegiatan hidup sehari-hari. Kondisi fisik kurang tidur bukanlah modal yang baik untuk belajar maupun bekerja.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->