Tips untuk Mengatasi Malas Berolahraga

Kadang kondisi hawa udara yang cukup dingin bisa membuat malas untuk berolahraga. Karena terasa lebih enak bersembunyi di balik selimut dan melanjutkan tidur. Keadaan ini memang bisa memupus kebiasaan baik berolahraga, dan harus diambil langkah untuk mengatasinya.

Memang harus ada motivasi yang kuat agar minat berolahraga tetap menyala. Ini bisa dengan mengingat keuntungan dari berolahraga dalam menjaga kesehatan. Ini harus dicamkan dalam pikiran dan menjadi cambuk dalam menjaga minat berolahraga.

Tidak jarang ketidakadaan teman memang bisa membuat malas berolahraga, misal kolega yang biasanya menemani olahraga lagi sakit. Maka harus mencari cara dengan menemukan teman di tempat biasa berolahraga. Kadang tidak enak bila tidak ada teman buat ngobrol saat berolahraga, waktu seakan menjadi hambar.

Namun yang jelas semangat berolahraga ini harus dijaga dengan langkah yang lebih ekstrim. Misal dengan membuat target atau tahapan dalam berolahraga. Bila ini sejenis olahraga angkat berat, maka pikirkan akan bisa menambah beban untuk kesempatan kali ini. Bisa pula kalo misalnya ini olahraga bersepeda, maka pingin memutari kota tua lebih dari satu kali.

Target ini harus cukup realistis, sehingga bisa memupuk semangat dan menjadi senang saat bisa mencapai target tersebut. Langkah-langkah ini sebenarnya memang cukup positif dalam mengatasi kondisi malas saat mau berolahraga. Memang kadang kalo tidak lagi mood bisa membuat apa yang dilakukan jadi tidak bersemangat.

Jadi disini menjaga mood berolahraga bisa membuat rutinitas berolahraga bisa dijaga. Bagimanapun juga olahraga yang bagus adalah olahraga yang rutin dilakukan, ini akan menjaga kondisi fisik dan kesehatan tubuh secara tetap. Bila ambivalen dalam berolahraga, maka manfaatnya tidak maksimal.

Sehari berolahraga, sebulan tidak berolahraga, ini jelas bisa membuat manfaat berolahraga menjadi tidak maksimal, bahkan hanya bikin badan menjadi pegal-pegal. Ambil contoh saja saat olahraga badminton atau bulutangkis, bila tidak biasa dilakukan, maka badan akan pegal semuanya. Namun bila rutin dan biasa dilakukan, maka ada manfaat bagi kebugaran tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Bisa juga dipikirkan olahraga adalah sebuah kegembiraan, seperti layaknya sebuah piknik yang dilakukan di akhir pecan. Ini sekaligus bisa menjaga mood berolahraga, siapapun akan suka dengan yang namanya piknik atau berwisata. Kadang tempat berolahraga yang nyaman, banyak obyek indah dan menarik yang bisa dilihat, akan membuat minat berolahraga menyala-nyala, bahkan tangan bisa gatal menunggu saat-saat berolahraga ini.

Jadi harus ada pendorong semangat berolahraga yang kuat, disamping menimbang manfaat berolahraga bagi kesehatan tubuh. Memang semua tahu bahwa berolahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun untuk memulai atau menjalankannya ini yang susah. Orang terbiasa anget-anget tai ayam, hanya sporadik dan tidak langgeng, maka lebih baik jaga motivasi berolahraga agar tetap bersemangat dan tidak malas.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->