Benarkah Cahaya Lampu bisa Memicu Kegemukan?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal epidemiology merilis adanya hubungan antara cahaya lampu di kamar tidur yang terang dengan kegemukan. Memang tidak selalu berpengaruh, namun rata-rata menaikan resiko kegemukan bagi yang suka lampu terang saat tidur. Meskipun tidak melihat yang sebaliknya pada kondisi tidur tanpa lampu sedikitpun.

Sebenarnya tidur dengan lampu menyala adalah selera setiap orang. Ada yang memang tidak bisa tidur dalam kegelapan, meskipun ini sebenarnya baik. Disini hubungannya memang dengan produksi hormone melatonin saat tidur.

Saat irama tubuh terganggu, maka hormone melatonin ini akan terganggu pula produksinya. Tubuh memang memiliki ritme istirahat yang harus dipenuhi agar tubuh bisa stabil dan sehat. Ini memang menjadi peringatan juga bagi yang sering kerja malam.

Pada berbagai penelitian, memang mereka cenderung mengalami gangguan kesehatan. Saat produksi melatonin terganggu, tubuh cenderung menjadi kegemukan dan meningkatkan resiko penyakit kanker juga. Pada wanita kecenderungannya menjadi lebih tinggi.

Jadi bagi wanita yang sering kerja malam, resiko kegemukan dan penyakit kanker memang semakin meningkat. Ini bukan isapan jempol dan memang sudah dibuktikan di beberapa penelitian dan data serta fakta sudah cukup valid untuk mendukung hal ini. Memang tidak bisa disepelekan efek negative dari kerja malam ini.

Ternyata tidak itu saja, dari penelitian lebih lanjut factor terangnya lampu saat tidur bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan kegemukan. Kedua hal ini memang berhubungan dan saling berpengaruh. Kegemukan memang meningkatkan resiko terjadinya penyakit primer dan berbahaya.

Jadi sebenarnya haruskah tidur tanpa lampu? Pada penelitian ini memang tidak bisa menegaskan bahwa dengan tidur dalam kegelapan dapat menurunkan resiko kegemukan. Hanya memang ada kecenderungan lampu terang menganggu irama tubuh dan produksi hormone melatonin.

Lalu bila memang tidak bisa tidur tanpa lampu, maka sebenarnya bisa disiasati dengan beberapa tahap. Ada istilah terangnya lampu bisa untuk membaca, lalu dipisahkan dengan terangnya lampu bisa untuk melihat sekeliling dengan jelas. Dilanjutkan dengan terangnya lampu hanya mampu untuk melihat tangan, dan diakhiri dengan gelap sama sekali.

Jadi bila memang tidak bisa tidur tanpa lampu, maka usahakan untuk tidak memasang lampu yang terlalu terang sehingga bisa membaca sebuah tulisan. Usahakan lampu lebih redup, setidaknya hanya cukup bisa melihat sekeliling ruangan. Lebih baik lagi lampu yang cukup hanya bisa melihat ujung tangan.

Memang ini adalah cara sehat untuk tidur yang nyenyak dan menstabilkan irama tubuh. Semakin nyenyak tidurnya akan semakin baik produksi hormone melatoninnya. Juga akan semakin menekan resiko kegemukan dan penyakit kanker. Namun yang jelas harus bisa tidur yang lelap dan cukup serta tidak terganggu oleh cahaya lampu di kamar tidur maupun di luar rumah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->