Merawat Luka Borok yang tak Kunjung Sembuh

Memang luka yang terjadi bila dibiarkan bisa menjadi borok dan tak kunjung sembuh. Bahkan bisa menjadi lebih parah, menyebar dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Biasanya kondisinya semakin susah diatasi bila diikuti dengan infeksi bakteri berbahaya pada luka borok tersebut.

Luka borok juga bisa terjadi akibat kebiasaan buruk dalam menjaga kebersihan diri. Ini menjadi mata rantai kondisi luka menjadi sulit disembuhkan. Bila terlalu banyak persoalan yang membebani, memang sebaiknya merawat luka borok ini dengan pengawasan yang intensif pada sebuah layanan medis.

Bila di rumah sakit biasanya bagian bedah yang akan menangani luka ini sampai sembuh. Meskipun bisa juga dengan kondisi rawat jalan, namun bila tidak bisa menjaga daerah luka borok ini, malah bikin kondisinya semakin parah. Memang sebaiknya luka borok dirawat di rumah sakit dan dalam kondisi tertutup, artinya luka harus ditutup kasa steril.

Pada kebanyakan kasus luka borok ini dibiarkan terbuka, sehingga banyak kuman maupun bakteri yang bisa masuk ke dalam luka borok ini. Apalagi bila terkena air, maka akan semakin menambah infeksi pada luka borok ini. Memang perlu penanganan yang tepat untuk memutus mata rantai infeksi pada luka borok, disamping juga pemberian antibiotika untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi.

Biasanya di rumah sakit dilakukan pus kultur maupun kultur jaringan dari luka borok tersebut. Ini untuk mengetahui jenis kuman atau bakteri yang memberi infeksi pada luka borok tersebut. Baru kemudian bisa diberikan antibiotika yang tepat untuk luka borok tersebut.

Kebanyakan pula orang asal pakai antibiotika, sehingga terjadi resisten pada bakteri tersebut terhadap antibiotika yang diberikan. Memang harus konsultasikan ke dokter untuk sebuah pengobatan dengan antibiotika. Ada jenjang atau tingkatan antibiotika sesuai dengan jenis bakteri atau kuman yang akan ditangani.

Kadang orang begitu mudahnya meminum antibiotika yang tersedia bebas dan memang dijual bebas, tanpa konsultasi dengan dokter. Padahal ini bisa mengakibatkan resistensi kuman atau bakteri terhadap antibiotika yang diberikan. Sehingga semakin membuat kuman tambah kuat dan luka borok sulit dibersihkan.

Luka borok harus dirawat secara rutin secara tertutup, dibersihkan dengan larutan antiseptik seperti savlon, dan dikompres dengan kasa boorwater. Bisa pula digunakan sufratul untuk mempercepat penyembuhan luka, meskipun tetap saja akan butuh waktu selama kondisi luka borok masih terbuka. Memang pada luka borok yang terbuka dan luas akan sulit kering dan sembuh.

Luka borok ini harus dibersihkan dari jaringan yang mati dan nekrose, baru setelah mulai tumbuh jaringan sehat bisa diacarakan operasi untuk menutup luka borok ini. Biasanya rasio kesembuhannya akan lebih cepat bila luka borok bisa dijahit dan luka tertutup. Meskipun akan sulit menutup atau sembuh bila infeksinya tidak diatasi dulu, jadi perlu waktu dan perawatan yang rutin untuk menyembuhkan luka borok ini.

Juga perlu dijaga asupan makanan yang bergizi, yang kaya protein, vitamin dan mineral. Ini akan membantu proses pertumbuhan jaringan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi semua harus dikombinasikan saat menyembuhkan luka borok ini, sehingga bisa lebih cepat sembuhnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Sehat - All Rights Reserved
-->